Kisah Hiroo Onoda yang Terus Bertempur 29 Tahun Usai Perang Dunia II

Hiroo Onoda yang Terus Bertempur 29 Tahun
Hiroo Onoda yang Terus Bertempur 29 Tahun

Seorang tentara Jepang yang menolak menyerah setelah Perang Dunia II berakhir dan menghabiskan 29 tahun di hutan telah meninggal pada usia 91 di Tokyo

Hiroo Onoda tetap di hutan di Pulau Lubang dekat Luzon, di Filipina, hingga 1974 karena dia tidak percaya bahwa perang telah berakhir.

Dia akhirnya dibujuk untuk muncul setelah mantan komandannya yang berusia lanjut diterbangkan untuk menemuinya.

Para wartawan mengatakan dia disambut sebagai pahlawan saat kembali ke Jepang.

Ketika WW2 mendekati akhir, Mr Onoda, yang saat itu seorang letnan, terputus di Lubang ketika pasukan AS datang ke utara.

Tentara muda itu diperintahkan untuk tidak menyerah – perintah yang dia patuhi selama hampir tiga dekade.

“Setiap tentara Jepang siap mati, tetapi sebagai perwira intelijen saya diperintahkan untuk melakukan perang gerilya dan tidak mati,” katanya kepada ABC dalam sebuah wawancara pada 2010.

“Saya menjadi seorang perwira dan saya menerima pesanan. Jika saya tidak bisa melakukannya, saya akan merasa malu. Saya sangat kompetitif,” tambahnya.

Hiroo Onoda yang Terus Bertempur 29 Tahun
Hiroo Onoda yang Terus Bertempur 29 Tahun

Saat berada di Pulau Lubang, Onoda mensurvei fasilitas militer dan terlibat dalam bentrokan sporadis dengan penduduk setempat.

Tiga prajurit lainnya bersamanya di akhir perang. Satu muncul dari hutan pada tahun 1950 dan dua lainnya meninggal, satu dalam bentrokan tahun 1972 dengan pasukan lokal.

Mr Onoda mengabaikan beberapa upaya untuk membuatnya menyerah

Dia kemudian mengatakan bahwa dia menolak regu pencari yang dikirim kepadanya, dan selebaran dijatuhkan oleh Jepang, sebagai ploys.

“Selebaran yang mereka jatuhkan dipenuhi dengan kesalahan jadi saya menilai itu adalah rencana oleh Amerika,” katanya kepada ABC.

Pelatihan bertahan hidup
Akhirnya pada bulan Maret 1974, mantan komandannya pergi ke Filipina untuk membatalkan perintah aslinya secara langsung.

Mr Onoda memberi hormat bendera Jepang dan menyerahkan pedang Samurai sambil masih mengenakan seragam tentara yang compang-camping.

Pemerintah Filipina memberinya grasi, meskipun banyak orang di Lubang tidak pernah memaafkannya atas 30 orang yang ia bunuh selama kampanyenya di pulau itu, wartawan BBC Rupert Wingfield-Hayes melaporkan dari Tokyo.

Setelah menyerah, Tuan Onoda mengelola sebuah peternakan di Brasil, dan membuka serangkaian sekolah pelatihan bertahan hidup di Jepang.

Onoda adalah salah satu prajurit Jepang terakhir yang menyerah pada akhir Perang Dunia II.

Prajurit Teruo Nakamura, seorang prajurit dari Taiwan yang bertugas di tentara Jepang, ditemukan menanam sendirian di pulau Morotai di Indonesia pada Desember 1974.

Nakamura dipulangkan ke Taiwan di mana dia meninggal pada tahun 1979.

click for follow us on Facebook carilamas always be updated, get berita terkini on time Share on Social Media

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Atletis! Ini 10 Potret Aktor Korea Saat Bertelanjang Dada, Awas Bikin Nggak Fokus

10 Aktivitas Romi AFI Sekarang, Laris Di-endorse dan Bikin Cover Lagu Duet Bareng Mawar